• Latar Belakang

    Mempertimbangkan keadaan ekonomi Indonesia secara keseluruhan belum kondusif yang menyebabkan masih lemahnya kemampuan daya beli industri pada beberapa sektor, khususnya dalam pengadaan barang modal berupa mesin dan peralatan mesin, maka pemerintah Indonesia dalam hal ini Departemen Perdagangan memandang perlu untuk melakukan upaya penyediaan barang modal yang dapat dijangkau oleh industri dimaksud melalui kelanjutan kebijakan impor barang modal bukan baru.

    Atas dasar pertimbangan di atas, Menteri Perdagangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor. 48/M-DAG/PER/12/2011 tanggal 29 Desember 2011.

    Untuk memastikan kelayakan pakai dan spesifikasi teknis barang modal bukan baru yang akan diimpor tersebut, maka Menteri Perdagangan telah menetapkan 2 (dua) Perusahaan Surveyor, yaitu PT SUCOFINDO (Persero) dan PT Surveyor Indonesia untuk melakukan Pemeriksaan Teknis Barang Modal Bukan Baru di Negara asal Muat Barang sesuai dengan Keputusan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor : 34/M-DAG/KEP/1/2012 tanggal 20 Januari 2012.

    Hasil pemeriksaan teknis oleh surveyor dituangkan kedalam Certificate of Inspection yang menyatakan mesin dan peralatan mesin bukan baru tersebut masih layak dipakai atau direkondisi untuk difungsikan kembali dan bukan skrap.